Sabtu, 02 April 2011

BIKIN GAME

        Sering main game ? atau mungkin kadang-kadang? minimal pernah main game kan? jangan bilang belum pernah :twisted: . Semua orang tahu kalau bermain game memang mengasyikkan, karena itu kadang saking asyiknya kita bisa lupa waktu, apalagi game-game populer zaman sekarang umumnya dibutuhkan waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya. Seru?… Tapi pernahkah terpikir, di sela-sela waktu istirahat yang mungkin tadinya ingin main game, untuk membuat game sendiri? hahaha (ketawa ga jelas… ehm) di waktu liburan kemarin (pas akhir juni), Saya iseng-iseng baca buku membuat game dengan flash. wah ternyata tidak sulit toh membuat game yang sederhana, akhirnya tertarik untuk mencoba-coba juga. Dan setelah semalaman begadang (asli ngga bisa tidur klo blom selesai…) dan sesudah beberapa kali perbaikan berikut inilah hasilnya:
game-1.jpg
gambar 1. tampilan pembuka game ini
Judul gamenya sendiri sebenarnya ntah bingung juga ngasi nama, tapi karena tokoh utama di game ini si pinguin Tux jadi Saya namakan ’ TuxMainGame’. Adapun cara memainkannya sederhana saja, hindari bom dan untuk menambah skor ambil makanan sebanyak-banyaknya… –hanya itu saja, gampang kan. Kurang menantang? Jangan khawatir, seperti juga game yang lain setiap naik level tentu saja tingkat kesulitannya semakin bertambah. Acuan pemenangnya adalah yang menjadi top scorer (bisa dilihat di menu depan game) semakin besar skornya maka ranknya akan semakin naik (ya iyalah…).
game-2.jpg
gambar 2. tampilan pada saat bermain

Ayo, yang mau nyoba gamenya silakan download disini : http://banyak-game-seru.blogspot.com/ (ukuran file zip 2,2 MB)

Catatan:
1) Sebenarnya artikel yang ini mau Saya buat tutorialnya juga. tapi apa boleh buat, karena baru pertama kali mencoba buat jadi isinya masih acak-acakan (karena dulu yang terpikir itu yang penting bisa jadi dulu), ActionScriptnya juga pabalatak disana-sini… kurang bagus kalau buat tutorial. Karena Saya programmernya, ya iyalah Saya ngerti. Tapi kalau orang lain yang mau ngedit kan harus ekstra keras memahami betapa belepotannya program Saya ini. Sekali lagi harap maklum, InsyaAllah kalau sempat Saya buat tutorial singkat ‘membuat game dengan flash’.
2) Game ini berupa file flash projector yang dibuat menggunakan Flash CS3. gambar2 tux, kue, bom, dan ikan diambil dari sebuah situs grafis, background game diambil dari gambar2 wallpaper, font yang dipakai: Corbel.
3) btw, sebenarnya artikel ini juga ditampilkan karena komentar Saya dulu di sebuah blog.
4) yang membaca tulisan ini atau mencoba game ini silakan beri komentar…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar